RSS

Sejarah Fandom Exo dan Exo-L dan Arti Exo-L bagi Exo


Exo

Exo adalah Biy Grup yang dibentuk oleh S.M. Ent pada tahun 2011, resmi debut pada April 2012. Grup ini terdiri dulunya terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-unit yaitu Exo-K dan Exo-M yang melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea selatan dan Cina. Nama Exo diambil dari kata exoplanet sebuah istilah untuk menyebut planet di luar Tata Surya.

Pada bulan Januari 2011, produser SM Ent mengumumkan rencananya untuk membentuksebuah noy bang baru pada bulan Maret atau April 2011. Pada bulan Mei 2011, Lee Soo Man berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselengggarakan di Universitas Stanford. Dalma presentasinya, ia menjelaskna strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua sub unit dan membuat mereka mempromosikan music yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin.
Awalnya grup ini akan diluncurkan pada bulan Mei 2011, namun ditunda dan beritanya tidak beredar lagi sampai Oktober 2011. Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi Exo, Exo-K untuk nama subgroup di Korea dan Exo-M untk subgroup di China.
Dua belas anggota diperkenalkan secara perorangan melalui 23 teaser yang dirilis di bualan Desember 2011 sampai Maret 2012. Kai, Luhan, Tao dan Chen adalah empat anggota yang diperkenalkan, tampil didepan publik untuk pertama kalinya dalam acara SBS Gayo DAejun pada 29 Desember 2011.
Exo-K
1.    Kim Joon Myeon (Suho) – Leader
2.    Byun Baek Hyun (Baekhyun) – Lead Vocal
3.    Park Chan Yeol (Chanyeol) – Main Rapper
4.    Do Kyung Soo (D.O) – Main Vocal
5.    Kim Jong In (Kai) – Main Dancer, Lead Rapper, Center of Group
6.    Oh Se Hun (Sehun) – Maknae, Lead Dancer, Visual
Exo-M
1.    Wu Yi Fan (Kris) – Laeder, Main Rapper
2.    Kim Min Seok (Xiumin) – Lead Dancer, Lead Vocal, Rapper
3.    Lu Han (Luhan) – Lead Vocal, Lead Dancer, Visual
4.     Zhang Yi Xing (Lay) – Main Dancer, Vocal
5.    Kim Jong Dae (Chen) – Main Vocal
6.    Huang Zitao (Tao) – Lead Rapper
Single perta,a Exo-K dan Exo-M adalah “What is Love” dirilis pada 30 Januari 2012. Pada 0 Maret mereka merilis single kedua yaitu “History”. Showcase digelar di Olympic Stadium, Seoul 31 Maret, sekitar 3000 fans dari 8000 pendaftar terpilih untuk mengahadiri Showcase ini. Showcase kedua di aula University of International Business and Economics di Beijing, China pada 1 April.
Exo-K dan Exo-M merilis single debut mereka “Mama”. Pada 8 April pada 2013 Exo comeback dengan album XOXO, Growl dan Miracle in December. Mereka sukses mengukir sejarah baru dunia K-Pop dengan menjadi “Milion seller album”
Comeback pada 2014 dengan Mini Album Overdose juga sukses menyapu chat Korea dan China. Namun, mereka harus kehilangan member asal China yaitu Kris dan Luhan yang memutuskan untuk keluar dan bersolo karir.
Pada 2015 memebuat konsep baru untuk comeback mereka dengan EXODUSE. Ditahun ini pula Exo melebarkan sayapnya untuk debut di Jepang dengan album Love Me Right (EXODUSE Re-Package). Namun, mereka harus kehilangan member lagi yaitu Tao.
Namun karena banyaknya member yang mulai keluar dari Exo-M. SM Ent menggabungkan Exo-K dan Exo-M menjadi satu grup kesatuan tanpa adanya lagi subgroup di Exo dan Suho menjadi leader tuggal.

Baca Juga 100 Fakta Exo Part 3


EXO-L

Pada 5 Agustus 2014 Exo mengumumkan nama Fandom mereka yaitu Exo-L. Exo-L adalah singkatan dari Exo-Love. Exo-L adalah nama yang diciptakan oleh Suho karena posisi L berada ditengah abjad K dan M, juga berarti  bahwa Exo-K + Exo-L + Exo-M = 1 sesuai dengan selogan mereka yaitu “WE ARE ONE”
Baekhyun : “L adalah huruf alphabet diantara K dan M. Berarti mereka (Exo-L) adalah orang yang harus kita letakkan ditengah seta kita lindungi
Baekhyun juga menyebut Exo-L sebagai Aeri dengan alas an “ Baekyunniee Minseokiee Chennie Joonmyunie Sehuunnie Yixingi Joinnie Chanyeolie D.O-ie hehe, semua berakhiran –ie, kalian memanggil seseorang yang akrab seperti ini jadi dari (Exo)L-ie menjadi Aeri”

Arti Exo-L untuk Exo

Suho : Mereka adalah malaikat untuk kami, aku sangat berterima kasih mereka hadir untuk kami. Walau hanya 1 member yang berdiri diatas panggung kami akan tetap menghibur mereka.
Kai : mereka adalah milikku! Alasan aku berada diatas panggung adalah untuk mereka
Baekhyun : Banyak yang mengganggap mereka menyerampakn dsb, bagku mereka adalah malaikat yang melindungi kami, mereka sangat baik kepada kami.
Chanyeol : Jika Exo-L melindungi Exo, maka Exo akan lebih melindungi Exo-L karena kita adalah satu
Chen : Bagiku Exo-L sangat berate terlebih kesehatan mereka. Setiap memulai pertunjukan dan mengakhirinya aku selalu berharap kalian semua tetap sehat dan mencintai kami. Exo-L adalah segalanya.
D.O : Aku menyayangi kalia semua. Kalian adalah yang terbaik.
Lay : Kalian adalah orang yang barharga setelah ibu dan nenekku. Exo-L aku akan bersama kalian.
Xiumin : Exo-L adalah bagian hidupku. Kalian semua kekasihku!
Sehun : Dimanapun dan kapanpun kalian berada, katakana dengan bangga bahwa kalian adalah Exo-L janan pernah berkecil hati

Baca juga 85 Fakta Baekhyun EXO

Warna fandom : Silver

Wu Yi Fan selalu menyebut Exo-L degan galaxy. Silver Ocean ketika menyala mereka bagaikan ribun bintang yang bersinar dalam perjalanan karirnya.
Bukan soal berapa member yang ada tapi ini semua tentang satu Exo dan Exo-L selalu menjadi satu

Labang Exo : Bangun data segi enam 

Bangun datar segi enam mempunyai sudut berjumlah enam yang dulunya adalah jumlah subgroup Exo-K dan Exo-M


Artikel ini disusun berdasarkan interview yang dilakukan Exo, video dan artikel serta diketik sendiri maka dari itu bagi readers yang ijin mengcopy, sertakan alamat url dan silakan bilang dulu dikolom komentar. Mungkin ingin request suatu artikel lansung komen aja ya chinggu. Thank you :D
Cr. Cooking Oppa (id line : @COOKINGOPPA)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment